Apa itu aqiqah?(Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung)

Aqiqah yaitu satu diantara Sunnah Rasulullah yang harus kita kerjakan untuk keluarga yang dapat. Mengingat aqiqah adalah satu diantara pendidikan untuk jadikan anak yang shaleh. “Setiap buah hati tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuk ia pada hari ke-7 serta dicukur kepalanya dan dinamakan, ” (HR An-Nasai : 4149. Sahih oleh Al-Albani dalam Sahih Sunan An-Nasai : 4220).Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

Untuk seseorang si kecil lelaki disembelihkan dua ekor kambing, di mana keduanya memiliki persamaan serta untuk seseorang anak wanita disembelihkan seekor kambing, ” (HR Ahmad. Sahih oleh Syeikh Al-Albani dalam Sahihul Jamius Shaghir : 4105).

Kambing akikah disembelih ketika buah hati berumur tujuh hari, empat belas hari atau dua puluh sehari, ” (HR At-Tabrani. Sahih oleh Al-Albani dalam Sahihul Jamius Shaghir : 4132).

  1. Memberi berita baik mengenai kelahiran si kecil pada tetangga sekaligus memberi isu mengenai nasab si kecil agar tidak berlangsung persangkaan jelek oleh beberapa tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati serta dermawan yang nanti juga akan menyingkirkan sikap kikir, bakhil serta pelit.
  3. Ikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya ialah Ismail melainkan ditukar dengan domba. Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung
  4. Adalah format perjuangan pada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Gampang-mudahan dipenuhinya doa untuk si bayi karna orang tuanya bersedia berqurban.
  6. Melepas status si kecil yang tergadai, karna si kecil yang baru lahir apabila belum juga di aqiqahi statusnya yaitu tergadai. Yang mana sekiranya tergadai ya wajib ditebus terutama dahulu supaya bisa mendapatkan faedahnya.
  7. Jadi pembebas dari problem setan, karna bayi yang baru lahir juga akan selalu diganggu setan.
  8. Jadi penghalang setan untuk mengganggu si bayi, sampai bayi kian lebih terproteksi, karna setan juga akan berusaha untuk jadikan si bayi jadi pengikutnya.

baiknya beberapa orang-tua yang belum juga mengerjakan aqiqah untuk anaknya agar berusaha untuk melaksanakannya.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

Sebenarnya aqiqah seandainya sudah direncanakan mulai sejak awal, aqiqah tidak memberatkan sebagian keluarga. Karenanya dari itu jadi hal yang perlu untuk menyiapkan materi untuk meyambut kelahiran sang bayi.

Anggapan Ulama perihal Aqiqah

Ada sebagian anggapan seputar regulasi aqiqah dari sebagian ulama seperti mesti, sunnah mu’akkad serta sunnah, berikut ulasan selengkapnya.

1.Antara Sunnah dan Semestinya

 

Jumhur atau kebanyakan beranggapan bila aqiqah hukumnya ialah sunnah dan beberapa lagi merupakan semestinya dengan alasan terkait langsung dengan sembelih adalah hal penting. Selama seseorang sanggup melakukan aqiqah, maka seharusnya segera dilaksanakan pada hari ke-7 merupakan jawaban terbijak.

2.Berdasarkan Hadits Yang Shohih

 

Undang-undang aqiqah berdasarkan pendapat yang terkuat merupakan sunnah muakkadah yang yaitu anggapan jumhur ulama berdasarkan hadits, ada juga ulama yang memberikan penjelasan kalau aqiqah merupakan penebus yang artinya aqiqah menjadi pedoman terlepasnya dari kekangan jin yang ada bersama bayi sewaktu lahir.

3.Aqiqah Sunnah Ditunaikan Untuk Si

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberikan nama, dan dicukur rambutnya.” [Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya].

 

Pendapat Ulama Kontemporer Perihal Undang-undang Aqiqah

Pendapat yang menyatakan bahwa aqiqah peraturannya sunnah muakkadah ini terbukti juga banyak diamalkan oleh para ulama kontemporer.

 

Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid dalam fatwanya menyatakan,

 

“Tertib aqiqah yaitu sunnah muakkadah. Sehingga, tidak ada dosa bagi mereka yang meninggalkannya.”

 

Beliau berdalil dengan sebuah hadits, Dari Amru bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya, beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, barangsiapa yang melahirkan seorang anak sekiranya berharap mengaqiqahi, maka hendaknya mengaqiqahi. Seandainya buah hati yang lahir laki-laki, maka aqiqah dengan dua kambing. Bila buah hati yang terlahir perempuan, maka cukup dengan satu kambing. (HR. Abu Daud, no. 2842. Hadits ini dianggap hasan oleh al-Albani dalam kitab, shahih Abi Daud)Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

 

Semua umat muslim tentunya sudah tidak asing dengan amalan dari aqiqah yang ialah butiran sunnah yang sudah menjadi adat istiadat bagi semua umat muslim di beraneka belahan dunia sehingga sunnah ini tidak akan punah tergoda oleh waktu.

Tata Aqiqah Dengan Dalil Al-Qur’an (Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung)

Berikut sebagian dalil Al-Qur’an yang berhubungan dengan peraturan mengerjakan aqiqah berdasarkan ajaran Islam, Antara lain:

 

Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy berkata jikalau Rasulullah bersabda, “Aqiqah dilakukan karena kelahiran bayi, karenanya sembelihlah hewan dan hilangkanlah segala gangguan darinya.” [Shahih Hadits Riwayat Bukhari (5472), untuk lebih lengkapnya lihat Fathul Bari (9/590-592), dan Irwaul Ghalil (1171), Syaikh Albani].

Samurah bin Jundab

Dari Samurah bin Jundab berkata sekiranya Rasulullah bersabda, ““Seluruh buah hati bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya di sembelih binatang (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya].

Aisyah

Aisyah berkata bila Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), dengan sanad hasan].

Ibnu Abbas

Ibnu Abbas berkata seandainya Rasulullah bersabda, “Menaqiqahi Hasan dan Husain dengan satu kambing dan satu kambing.” [HR Abu Dawud (2841) Ibnu Jarud dalam kitab al-Muntaqa (912) Thabrani (11/316) dengan sanadnya shahih. Sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Daqiqiel ‘Ied].

‘Amr bin Syu’tercela

‘Amr bin Syu’tercela dari ayahnya, dari kakeknya berkata kalau Rasulullah bersabda, “Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) sebab kelahiran bayi maka hendaklah dia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” [Sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Abu Dawud (2843), Nasa’I (7/162-163), Ahmad (2286, 3176) dan Abdur Razaq (4/330), dan shahihkan oleh al-Hakim (4/238)].

Fatimah binti Muhammad

Fatimah binti Muhammad berkata ketika melahirkan Hasan bila Rasulullah bersabda, “Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya.” [Sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Ahmad (6/390), Thabrani dalam “Mu’jamul Kabir” 1/121/2, dan al-Baihaqi (9/304) dari Syuraiq dari Abdillah bin Muhammad bin Uqoil].

Undang-undang Beserta Pengarahan Pengerjaan Aqiqah

Berikut beberapa aturan yang diikuti dengan tuntunan dalam menjalankan aqiqah, adalah:

 

Aqiqah Ialah Syairat Islam

Aqiqah merupakan satu yang sudah disyariatkan di dalam agama Islam dan beberapa dalil yang mengatakan diantaranya adalah hadits Rasulullah saw yang berkata “tiap-tiap buah hati tertuntut dengan aqiqahnya”.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

 

Jumlah Binatang Sembelihan

Hadits lainnya mengatakan kalau, “Anak laki-laki (Aqiqah-nya dengan 2 kambing) sedang anak perempuan (Aqiqah-nya) dengan 1 ekor kambing”.

Status regulasi aqiqah yakni sunnah dan hal ini pantas dengan pandangan dari kebanyakan ulama seperti seumpama Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad yang didasari dengan beberapa dalil diatas.

 

Para ulama tak mengatakan sepatutnya dengan membuat penyataan jikalau kalau aqiqah yakni patut, karenanya keharusan ini menjadi hal yang telah diketahui oleh agama dan Rasulullah juga pastinya telah memberikan keterangan tentang kewajiban itu.

 

Ada beberapa ulama seperti Imam Laits serta Imam Al-Bashri yang menyatakan pendapat apabila hukum dari aqiqah ialah harus berdasarkan dari 1 hadits adalah “Kullu ghulamin murtahanun bi ‘aqiqatihi\’” yang berarti tiap anak tertuntut dengan aqiqah.

 

Tak Mematahkan Tulang Sembelihan

Dikala menyembelih, ada hal yang seharusnya diperhatikan yaitu tidak mematahkan tulang dari sembelihan dengan hikmah yang terkandung merupakan tafa’ul atau berharap akan keselamatan tubuh serta anggota badan dari anak hal yang demikian.

 

Binatang Sembelihan Tak Boleh Cacat

Aqiqah yang legal adalah jikalau sudah memenuhi prasyarat dari binatang qurban yaitu tidak cacat dan juga telah masuk ke umur yang sudah disyaratkan dalam Islam. Aqiqah yaitu menyembelih di hari ke-7 semenjak kelahiran bayi yang ditujukan untuk berterima kasih pada Allah.

 

Akan tapi selain kambing, sapi atau unta juga dibiarkan dengan prasyarat hanya 1 unta atau 1 sapi untuk 1 orang buah hati saja, melainkan sebagian ulama beranggapan jika aqiqah yang diizinkan cuma memakai kambing saja sebab layak dengan dalil Rasulullah saw.

 

Aqiqah Berarti Tali Belenggu Anak

Aqiqah juga mengistilahkan terbebasnya si kecil dari tali belenggu yang menjadi penghambat buah hati dalam memberikan syafaat pada ayah dan ibu dan aqiqah yakni menjalankan syair Islam.

 

Saat menyembelih, karenanya diniatkan untuk melaksanakan aqiqah dengan menyebut nama bayi serta nama bapaknya dan bumbu untuk memasak sepatutnya lebih manis dengan tujuan agar adabnya juga manis dan memang menjadi kesukaan dari Rasulullah yaitu manis serta madu.

 

Mencukur Rambut Sesudah Aqiqah

Mencukur rambut dikerjakan sesudah pengerjaan aqiqah selesai dikerjakan seperti pada haji dimana tahallul dilaksanakan setelah qurban. Rambut yang sudah di potong akan dikumpulkan lalu ditimbang dan beratnya akan dikonversikan dengan emas atau pun perak.

 

Rasulullah saw memberi perintah pada Sayyidah Fathimah agar menimbang rambut Sayyidina Husein dan juga bershadaqah emas dengan berat yang sama dengan berat rambut sekaligus memberikan hadiah khusus berupa paha atau kaki kambing ke bidan yang telah membantu kelahiran.

 

Melanjutkan Dengan Tahnik

Sesudah memotong rambut, karenanya dilanjutkan lagi dengan memasukkan sesuatu yang manis ke dalam mulut bayi. Para Shahabat mempunyai budaya kalau bayi yang baru saja lahir akan lantas dibawa ke hadapan Rasulullah saw.

 

Beliau kemudian akan memerintahkan untuk diambilkan kurma lalu mengunyahnya hingga halus dan mengambil sedikit dari mulut-Nya lalu memberikannya ke mulut bayi dengan cara menyentuh langit-langit mulut bayi sehingga akan seketika di hisap.

 

Ada 2 hal yang terkandung dalam hal ini merupakan karbohidrat atau glukosa yaitu sumber daya dari fisik serta ludah dari Rasulullah yang akan memberikan berkah. Sunnah ini lalu diteruskan oleh umat muslim yaitu dengan mentahnikkan bayi pada para ulama.

Ucapan Selamat dalam Acara Aqiqah (Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung)

Dengan menyuarakan selamat pada acara aqiqah dengan kehadiran anggota baru di dalam keluarga akan membuahkan kesan yang haru dan juga mendalam untuk keluarga yang bersangkutan.

 

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakartal wahiba wabalagha asyaddahu waruziqat birrahu, yang mempunyai arti:

“Mudah2an Allah melimpahkan barokah, dan Anda makin mensyukuri Dzat Pemberinya. Semoga si si kecil ini menempuh kedewasaannya dan engkau dikaruniai baktinya”.

 

“Barakallahu laka wabaraka alaika “atau” ajzalallahu tsawabaka”

Artinya : “Semoga kalian juga diberkahi Allah. atau Semoga Allah memberimu balasan pahala yang besar”.

 

Jikalau Belum Bisa Menyelenggarakan Aqiqah Bagi Bayinya

 

Aqîqah untuk bayi yang baru lahir aturannya sunnah muakkad berdasarkan anggapan jumhur ulama. Simpulan ini dirâjihkan Lajnah Dâ-imah dalam fatwa no. 1776, 3116, 4861, 8052, 9029, 12591. Yakni dari fatwa hal yang demikian, bahwa peraturan menyembelih binatang aqîqah bagi orang tua yang menerima anugerah berupa kelahiran buah hati merupakan sunnah muakkadah (sungguh-sungguh ditekankan). Dilaksanakan dengan menyembelih dua ekor kambing untuk si kecil lelaki, dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Merujuk pada hari ketujuh dari kelahiran bayi.

 

Penundaan pengerjaan aqiqah dari hari tersebut tidak menyebabkan dosa, meski tanpa udzur. Akan namun, seandainya memiliki kesanggupan karenanya lebih bagus dilakukan.

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

الْعَقِيقَةُ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافَأَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌٌ

 

“Aqiqah untuk si kecil lelaki dua kambing yang serupa. Tak aqiqah bagi si kecil perempuan seekor kambing”. [HR Ahmad dan at-Tirmidzi].

 

Tak nash di atas, karenanya tak ada yang mencukupi untuk aqiqah kecuali menyembelih kambing. Tak bisa digantikan, semisal dengan membeli daging kiloan, pembagian uang atau yang lainnya.

 

Sembelihan aqiqah ini diadakan untuk fid-yah (tebusan) atas bayi [1], optimis akan keselamatannya dan untuk menolak setan darinya, sebagaimana digambarkan Ibnul-Qayyim dalam kitab Tuhfat al-Wadûd fi Ahkâm al-Maulûd.[2]

 

Adapun progresnya, yang utama diadakan pada hari ketujuh, dan bila diakhirkan dari hari tersebut juga diizinkan. Tak ada batasan waktu penyembelihan aqîqah ini. Memang sebagian ulama menyatakan, jikalau bayi tersebut telah besar karenanya telah kehilangan waktunya, sehingga tak memandang adanya pensyariatan aqîqah bagi orang dewasa. Walaupun jumhur ulama memperhatikan tak mengapa, meskipun sudah dewasa.

 

Ibadah aqîqah ini diperuntukkan bagi orang-orang yang kapabel. Oleh karena itu, bagi orang tua yang penghasilan bulanannya tidak mencukupi selain untuk keperluan keluarga saja, atau dari keluarga tak mampu, karenanya tak dilema jika tak menjalankan aqîqah ini untuk anak-si kecilnya. Allah berfirman :

 

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

 

“Allah tidak membebani seseorang tapi cocok dengan kemampuannya”. [al-Baqarah/2:286].

 

Juga sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

 

مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوهُ وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَافْعَلُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ

 

“Apa yang saya larang untuk kalian karenanya jauhilah. Tak apa yang aku perintahkan terhadap kalian maka kerjakanlah semampu kalian”. [HR Muslim].

 

Jikalau penyembelihan kambing ini longgar. Maksudnya, sekiranya suatu keluarga mempunyai ketidakmampuan, dan di kemudian hari menerima rezeki yang berkecukupan, karenanya tetap disunnahkan untuk melakukannya. Persyaratan sudah via setahun atau lebih.

 

Syaikh Shâlih bin ‘Abdillah al-Fauzân menjelaskan, tidak mengapa mengakhirkan sembelihan aqîqah hingga waktu yang pas, dan ada pada kedua orang tuanya, atau salah satunya. Penyembelihan pada hari ketujuh atau keduapuluh satu hanyalah keutamaan bila memungkinkan dan ada. Jika tak ada maka tidak mengapa mengakhirkannya pada waktu lainnya pantas mempunyai kesanggupan. Perlu dikenal, sembelihan aqiqah dilaksanakan oleh orang tua anak tersebut, sebab itu yakni hak si kecil atas orang tuanya.[3]

 

Syaikh Shalih bin ‘Abdillah al-Fauzan juga beranggapan, kalau orang tua tidak melakukannya maka dia sudah meninggalkan Sunnah. Binatang orang tuanya tidak menyembelih aqiqah untuknya karenanya sang anak juga diperkenankan menyembelih aqiqah untuk dirinya sendiri [4].

 

Kambing Aqiqah (Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung)

Sampai aqiqah senantiasa diikuti dengan terdapatnya pemotongan hewan aqiqah yaitu kambing dan mencukur rambut si jabang bayi yang telah lahir. Hewan kambing yang jadikan aqiqah tak dibatasi harus berjenis kelamin jantan atau betina. Menurut Anda akan tak kesusahan dengan mahalnya harga Kambing Kurban ataupun Kambing Aqiqah jantan. Karna kidak disyaratkan kambing untuk aqiqah seharusnya jantan atau sepatutnya betina seperti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

 

“Untuk si kecil lelaki dua kambing, serta untuk si kecil wanita satu kambing, serta tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing itu jantan atau betina. ” (HR. Ashhabus Sunan, serta dishahihkan Syeikh Al-Albany).

 

Di bawah ini merupakan ketetapan hewan yang diijinkan untuk aqiqah :

 

Type kambing untuk aqiqah bisa menggunakan kambing yang berjenis kelamin lelaki atau kambing jantan atau betina.

Mengenai umur dari kambing hal yang demikian mereka mengkiaskan dengan usia kambing dhahaayaa (kambing qurban), adalah : Untuk domba atau biri-biri cukup setahun atau kurang sedikit. Untuk kambing umum umurnya cukup dua th. serta masuk th. ke-3.

Mengenai mengenai sifatnya juga dikiaskan dengan dhahaayaa adalah kambing yang sehat serta bagus bukanlah kambing yang cacat serta sakit seperti yang sudah dijelaskan oleh Imam Malik.

Berdasar pada pengukuran kenaikan harga kambing kurban serta kambing aqiqah dari th. ke th. natural kenaikan prosentase sebesar 15-30%. Berdasarkan service jasa aqiqah berinisiatif membantu anda dalam pengerjaan aqiqah dengan harapan anda bisa mengerjakan sunnah tanpa ada terbebani. Aqiqah Bermacam tawarkan pada anda yang mengharapkan mengerjakan aqiqah untuk putra putri anda.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

 

Terkecuali harga kambing kurban, pada th. langsung kambing aqiqah untuk ukuran 20-25 Kg bisa menjangkau harga 1. 200. 000 sampai 2. 500. 000. Besar kesempatan pada th. ini harga kambing aqiqah menaik karena harga barang yang makin naik serta selekasnya terwujudnya Sebagian-orang Ekonomi ASEAN (MEA). Kemauan perkiraan dari Instansi Penjamin Simpanan (LPS) apabila rata-rata inflasi diperkirakan menjangkau 4, 3 % pada th. ini.

Di masa serba digital serta menuntut hal yang praktis ini mulai banyak golongan yang menginginkan menggerakkan kegiatan tanpa ada meninggalkan ibadahnya hingga mulai bermunculan jasa aqiqah. Penawaran paket aqiqah dari beragam jasa service aqiqah di Indonesia sudah ada untuk menolong dalam mengerjakan aqiqah dengan ajaran Islam. Paket aqiqah yang di tawarkan dari sebagian jasa service aqiqah bermacam-macam dari mulai harga kambing aqiqah, harga paket daging kambing aqiqah sampai jadi menu kuliner yang siap untuk disalurkan ke sebagian dhuafa.

 

Aqiqah Latahzan Sentra Aqiqah (Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung)

 

Manfaat instansi jasa service atau jasa aqiqah juga sediakan binatang qurban. Satu di antara jasa aqiqah yang sediakan binatang qurban adalah Aqiqah Latahzan. Terkecuali sediakan jasa service aqiqah, instansi ini sediakan juga kambing qurban serta sapi qurban. Harga kambing kurban juga bervariatif pantas sama berat binatang serta usia nya.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

 

Service jasa aqiqah serta qurban ini mempunyai tujuan buat kebanyakan orang dapat untuk berqurban, sampai dalam prakteknya dituangkan dalam betuk harga jual yang murah supaya lebih terjangkau khalayak. Sebagian penjual kambing terpenting natural gunakan surut harga mendekati musim haji atau lebaran qurban.

 

Mendekati Hari Raya Idhul Adha, tentu beberapa pedagang binatang kurban mulai banyak didaerah anda serta mulai tawarkan hewan dagangannya.  mereka pasti waktu perayaan kurban th. ini bisa menghadirkan keuntungan yang tambah baik di banding th. terutamanya dulu.

 

Dalam beli binatang qurban beberapa hal yang perlu anda pikirkan. Bukan sekadar memiliki dari sisi Berat rata-ratanya saja, tapi yang tidak keok perlu yaitu dari sisi kesehatan hewan ternak yang juga akan jadikan kurban di Hari Raya Idul Adha Th. ini.  mulai semenjak th. 2012 sampai 2015 harga kambing dengan berat 20-25 Kg natural kenaikan serta penurunan harga mulai 1. 000. 000 sampai 2. 400. 000.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung

 

Untuk anda yang menginginkan lakukan qurban th. 2018 ini, anda bisa pesan selekasnya hewan qurban. Aqiqah Latahzan melayani pemesanan binatang qurban baik binatang kambing maupun sapi. Harga kambing kurban serta sapi qurban di Aqiqah Beraneka relatif murah serta membantu anda supaya dapat melakukan qurban di th. ini.

Besarnya persentase kenaikan harga kambing kurban serta harga kambing aqiqah dipicu karna banyak sebagian kaum muslim yang mengharapkan lakukan qurban. Kenaikan serta penurunan harga kambing tak berlangsung pada satu daerah saja, namun berlangsung nyaris di seluruh lokasi di Indonesia.  media mencatat terjajdi kenaikan harga jual binatang qurban sekitaran 15-30 persen tiap-tiap-tiap tahunnya.Latahzanaqiqah |081398911745| Paket akikah di Babakan Sari Kiaracondong Kota Bandung